Pemanasan Global

Posted by

Pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change) adalah dua istilah yang mendeskripsikan teramatinya peningkatan suhu rata-rata dalam jangka waktu seratus tahun terakhir dari sistem iklim bumi dan efek-efek yang terkait.

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa sistem iklim bumi mengalami pertambahan panas. Berdasarkan laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) tahun 2013, bukti-bukti tersebut di antaranya:

  • kenaikan suhu di daratan, lautan, dan atmosfer;
  • mencairnya es di kutub;
  • perubahan wilayah yang tertutup salju;
  • kenaikan permukaan air laut; dan
  • perubahan kuantitas uap air di atmosfer.

Berdasarkan beragam data ilmiah yang dikumpulkan IPCC, suhu rata-rata global permukaan bumi (daratan dan lautan) bertambah panas 0,85oC dalam kurun waktu 1880 sampai 2012.

Berdasarkan pengukuran satelit, suhu rata-rata di lapisan troposfer bawah, lapisan atmosfer paling bawah, meningkat antara 0,13oC dan 0,22oC per dekade sejak 1979. Masih dari data yang dihimpun IPCC dari berbagai sumber, tahun 2015 mencatat rekor tertinggi yang pernah dicapai dalam hal suhu rata-rata permukaan bumi dan kenaikan permukaan laut.

Photo by Tom Swinnen from Pexels

Secara lokal berdasarkan pengamatan sehari-hari, kamu juga bisa merasakan adanya perubahan iklim di wilayah kamu dan Indonesia. Dahulu, kita sering mendapat informasi bahwa Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau (panas). Musim hujan terjadi selama 6 bulan yaitu dari bulan oktober sampai bulan maret, sedangkan musim kemarau terjadi juga selama 6 bulan, yaitu dari bulan april sampai september.

Namun selama beberapa tahun terakhir, peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, begitu juga sebaliknya, semakin tidak jelas. Kekeringan dan hujan deras dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal periodenya. Bencana banjir dan kekeringan juga kerap terjadi di berbagai wilayah Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini.

Selain itu, kita juga merasakan suhu udara yang lebih panas pada siang hari saat cuaca sedang cerah atau musim kemarau. Sebaliknya, suhu udara juga terasa lebih dingin pada malam hari pada saat cuaca dingin atau musim hujan. Sebagimana yang disebutkan di atas, pada tahun 2017 suhu udara tercatat paling panas di antara tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, tahun 2019 diprediksi akan menjadi tahun terpanas dalam sejarah (sumber: National Geographic).

Hal-hal di atas merupakan beberapa indikasi terjadinya perubahan iklim dan pemanasan global sebagaimana yang sudah teramati secara ilmiah.

Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim

Dikutip dari wikipedia, Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC = Intergovernmental Panel on Climate Change) adalah badan ilmiah dan antarpemerintah di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang dibentuk atas permintaan pemerintah negara-negara anggota dengan tujuan untuk menyediakan pandangan ilmiah dan objektif atas perubahan iklim dan dampak politik dan ekonomi.

Al Gore bersama Ketua IPCC menerima Hadiah Nobel Perdamaian 2007 (sumber: royalcourt.no)

Organisasi ini pertama kali didirikan pada 1988 oleh dua organisasi PBB, Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan United Nations Environment Programme (UNEP), dan kemudian disahkan oleh Majelis Umum PBB melalui Resolusi 43/53. Keanggotaan IPCC terbuka untuk semua anggota WMO dan UNEP.

IPCC menghasilkan laporan yang mendukung Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), yang merupakan perjanjian internasional utama pada perubahan iklim. Tujuan utama dari UNFCCC adalah untuk menstabilkan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer pada tingkat yang akan mencegah gangguan antropogenik berbahaya (bahaya yang disebabkan oleh manusia) pada sistem iklim.

Laporan IPCC meliputi informasi ilmiah, teknis, dan sosial-ekonomi yang relevan untuk memahami dasar ilmiah dari risiko perubahan iklim yang disebabkan manusia, dampak potensial, dan pilihan untuk adaptasi dan mitigasi.

Ribuan ilmuwan dan ahli lainnya berkontribusi (atas dasar sukarela, tanpa bayaran dari IPCC) untuk menulis dan meninjau laporan, yang kemudian ditinjau oleh pemerintah. Laporan IPCC mengandung Ringkasan untuk pembuat kebijakan, yang tunduk pada persetujuan oleh delegasi dari semua pemerintah yang berpartisipasi. Aktivitas ini melibatkan pemerintah lebih dari 120 negara.

IPCC memberikan otoritas yang diterima secara internasional tentang perubahan iklim, menghasilkan laporan yang memiliki perjanjian ilmuwan iklim terkemuka dan konsensus pemerintah yang berpartisipasi. Hadiah Nobel Perdamaian 2007 diberikan kepada IPCC bersama-sama dengan Al Gore (mantan wakil presiden Amerika Serikat).

Protokol Kyoto

Berdasarkan siaran pers program lingkungan PBB (UNEP), Protokol Kyoto adalah sebuah persetujuan sah di mana negara-negara perindustrian akan mengurangi emisi gas rumah kaca mereka secara kolektif sebesar 5,2% dibandingkan dengan tahun 1990. Nama resmi persetujuan ini adalah Kyoto Protocol to the United Nations Framework Convention on Climate Change (Protokol Kyoto mengenai Konvensi Rangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim/UNFCC). Persetujuan ini dinegosiasikan di Kyoto pada Desember 1997, dibuka untuk penandatanganan pada 16 Maret 1998 dan ditutup pada 15 Maret 1999. Beberapa peran Protokol Kyoto adalah sebagai berikut.

  • Merumuskan mekanisme dan target penurunan emisi secara transparan.
  • Mengurangi rata-rata emisi dari enam gas rumah kaca, yaitu Karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrogen oksida (N2O), sulfur heksafluorida (SF6), hidrofluorokarbon (HFC), dan perfluorokarbon (PFC) yang dihitung sebagai rata-rata selama masa lima tahun antara 2008 – 2012.
  • Setiap negara maju memiliki komitmen yang berbeda sesuai dengan tingkat emisinya pada tahun 1990.
  • Negara berkembang tidak memiliki obliogasi untuk menurunkan emisi.

Referensi:

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s